Sabtu, 27 Mei 2017

Bumbu Dasar

Sejak Pak Su banyak dinas luar pulau, saya harus banyak membuat bumbu dasar. Alasannya sih sederhana, karena gak cocok
sama masakan Ibu Asrama yang mengharuskan kencur dan temu kunci. Yo Wis lah...harus dibekelin bumbu dasar. Biar ga repot kalau masak.

Untuk resep,  banyak juga sih yang sliweran, tapi menurut saya ini yang paling pas. Tapi balik lagi ke selera sih...saya ambil resepnya dari sajian sedap yang sudah saya modifikasi sendiri.

Bumbu dasar putih:
30 butir bawang merah
8 siung bawang putih
10 butir kemiri sangrai

Bumbu dasar kuning:
30 butir bawang merah
10 siung bawang putih
10 butir kemiri sangrai
10 cm kunyit bakar

Bumbu dasar merah:
30 butir bawang merah
8 siung bawang putih
20 buah cabe merah

Untuk metode pengawetan,  saya pakai teknik vakum ala Made Suardani
Tanzius,  terima kasih mbak sudah berbagi

Caranya:
Tumis bumbu sampai matang. Setelah matang langsung masukkan bumbu kedalam botol yang sudah direbus diair mendidih. Langsung tutup rapat.  Diamkan kurang lebih 30 menit. Cirinya merode vakum ini berhasil kalau tutup botol tengahnya jadi cekung.

Bumbu siap dipakai

2 komentar:

  1. Pake botol apa en?!trus botolnya direbusbya berapa lama y?!bumbunya tahan berapa lama

    BalasHapus
  2. Pake botol apa en?!trus botolnya direbusnya berapa lama y?!bumbunya tahan berapa lama

    BalasHapus